Monday, February 12, 2018

Akankah Ada Gear 5 di One Piece? Inilah Spekulasinya!

Akankah Ada Gear 5 di One Piece? Inilah Spekulasinya!


Namanya juga manga shonen, setiap Luffy mengeluarkan trik baru fan pasti mulai memperkirakan bakal seperti apa pengembangannya.
Saat Gear 2 dan 3 debut di Enies Lobby saja OPLovers sudah yakin bakal ada Gear 4. Pada akhirnya dugaan itu terbukti saat Luffy memamerkan Bounce Man demi mengalahkan Doflamingo.
Sejak saat itu, fan pun lanjut menanti kemunculan Gear 5 di One Piece. Namun sejak Dressrosa hingga Whole Cake Island, Luffy tampaknya lebih memilih untuk menggunakan pengembangan dari teknik Gear 4-nya. Ia memperlihatkan wujud Bounce Man, Tank Man, dan – yang masih akan datang saat artikel ini ditulis – Snake Man.
Jadi, akankah ada Gear 5 di One Piece? Ataukah Luffy akan puas cukup dengan wujud-wujud Gear 4?
Penulis berpendapat, yep, Gear 5 akan ada. Teknik itu juga pastinya akan istimewa, dan bisa jadi merupakan pamungkas Luffy untuk melawan musuh-musuh terakhir yang menghalangi jalannya mencapai harta Gol D. Roger. Tapi kemunculannya jelas masih akan lama.
Memangnya akan seperti apa Gear 5? Pertama-tama, kita harus melihat dulu keunikan dari setiap Gear.
Gear 2: mempercepat aliran darah untuk meningkatkan fungsi tubuh Luffy.
Gear 3: Luffy meniup udara ke organ tubuhnya, membuat organ tubuh yang ia inginkan menjadi luar biasa besar.
Gear 4: Luffy meniup udara ke tubuhnya, namun kali ini ia juga mengintegrasikan Bushoshoku Haki saat penggunaan teknik ini.
Yep, ini yang harus diperhatikan. Masing-masing Gear memiliki cara kerja yang benar-benar berbeda antara satu dengan lainnya.  Gear 4 mungkin mirip dengan Gear 3, tapi Haki menjadi unsur vital sejak proses aktivasi.
Untuk sekarang, manipulasi tubuh Luffy mengandalkan Haki tampaknya akan mentok “hanya” di Gear 4. Mengingat upaya Luffy untuk mengembangkan Kenbunshoku Haki untuk melawan Katakuri, kamu mungkin akan melihat wujud baru Gear 4 yang merupakan aplikasi dari jenis Haki berbeda. Seperti Snake Man, yang saat ini diduga akan memaksimalkan Kenbunshoku dan Bushoshoku sekaligus.
Mungkin pembaca setia ingat kalau di tahun 2017 dulu,memperkirakan Gear 5 adalah penguasaan Luffy terhadap dunia mental, sehingga Luffy bisa menggetarkan tubuhnya melampaui frekuensi normal dan tak bisa disentuh oleh serangan apapun.
Tapi untuk saat ini, penulis akan menyajikan spekulasi lain, yang sepertinya lebih mungkin mengingat perkembangan cerita saat ini: Awakening.
Bila Luffy mencapai Gear 5 di One Piece, wujud dari kemampuan itu tidak mungkin hanya pengendalian Haki saja. Bisa jadi Gear 5 adalah saat Luffy menggunakan kemampuan Haki DAN Awakening
Awakening itulah yang bisa jadi alasan kenapa penguasaan Gear 5 di One Piece akan lama. Semua wujud Gear 4 tampaknya minimal sudah dikuasai dasarnya oleh Luffy di Pulau Rusukaina, lalu perlahan ia keluarkan di situasi mendesak. Saat ini, Luffy menunjukkan indikasi kalau ia belum tahu bagaimana ia bisa mengembangkan Gomu Gomu no Mi-nya hingga bangkit.
Karenanya, Gear 5 akan benar-benar baru, baik bagi pembaca maupun Luffy sendiri, dan perlu waktu untuk bisa ia kuasai sepenuhnya. Namun jika ia sukses, maka rasanya Haki + Awakening benar-benar akan menjadi kuncinya untuk mengalahkan musuh seperti Shanks, Blackbeard, Kaido, dan sosok misterius yang katanya akan menjadi musuh terberat Topi Jerami nanti.
Bila benar, proses penguasaan Gear 5 akan berlanjut menjadi seperti ini: pertama Luffy bisa melakukan Awakening dulu, lalu ia perlahan akan mencoba memahami dan menguasainya, baru kemudian ia mengintegrasikannya ke dalam serangan.
Lalu kapan ia kira-kira bisa berkembang hingga ke teknik ini? Penulis merasa Luffy masih akan mengandalkan Gear 4 dan wujud-wujudnya cukup lama. Hingga saat itu ia bisa jadi akan menemukan musuh seperti Katakuri dan Doflamingo, yang telah terlebih dahulu menguasai teknik ini, dan mulai memikirkan bagaimana ia bisa melakukannya. Baru pada saat melawan Kaido ia akhirnya tahu apa yang harus ia lakukan.
Kenapa Kaido? Karena kalau tidak… entah bagaimana dia bisa mengalahkan makhluk yang satu itu.

Itulah spekulasi penulis soal Gear 5 di One Piece. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!
Ingin mendiskusikan bahasan ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag artikel ini!

No comments:

Post a Comment